Sejarah Singkat

History In SMK NEGERI 9 Bandung

1958-1965
SGKP (Sekolah Guru Kepandaian Putri) dengan tiga pilihan yaitu Rumah Tangga, Menjahit dan Kerajinan. Pendidikan di SGKP ditempuh dalam 4 tahun menggunakan kurikulum 1957. Kemempuan lulusan yang diharapkan adalah menjadi guru SKKP yang setingkat SMP.

1965-1976
SGKP kemudian berubah menjadi SKKA (Sekolah Kesejahteraan Keluarga Atas), adapun SKKA ini mempunyai tiga jurusan yaitu Rumah Tangga, Tata Boga dan Busana. Pendidikan SKKA ditempuh selama 3 tahun dan menggunakan kurikulum 1964. Lulusan SKKA ini diharapkan menjadi pengelola rumah tangga untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.

1976-1996
SKKA berubah nama menjadi SMKK (Sekolah Menengah Kesejahteraan Keluarga) Negeri 1 Bandung. SMKK Negeri 1 ini mempunyai 4 jurusan yaitu Tata Boga, Akomodasi Perhotelan, Tata Busana dan Tata Kecantikan. Pendidikan di SMKK ditempuh selama 3 tahun dengan menggunakan kurikulum 1976 dan 1984. Kemampuan lulusan yang diharapkan adalah menjadi pengelola dn pekerja yang sesuai dengan bidang keahliannya.

1996-sekarang
Perubahan nama menjadi SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) Negeri 9 Bandung Kelompok Pariwisata. SMK Negeri 9 mempunyai 3 bidang keahlian, yaitu bidang keahlian Pariwisata, Bidang Keahlian Tata Kecantikan dan Bidang Keahlian Tata Busana. Dari ketiga keahlian terbagi menjadi 4 program keahlian yaitu untuk bidang keahlian Pariwisata menjadi 2 program yaitu Tata Boga dan Akomodasi Perhotelan, bidang keahlian Tata Kecantikan menjadi Tata Kecantikan Kulit dan Rambut, sedangkan bidang keahlian Tata Busana menjadi Program Keahlian Tata Busana. Pendidikan di SMK Negeri 9 Bandung ditempuh selama 3 tahun dengan mengacu pada kurikulum edisi 1999. Kemampuan yang diharapkan adalah menjadi pekerja, berwirausaha dan melanjutkan ke Perguruan Tinggi.