10 Tempat Wisata di India yang Paling Indah & Eksotis, Penuh Sejarah

tempat wisata di india yang eksotis

Bicara mengenai India, rasanya tak ada habisnya. India merupakan salah satu negara di kawasan Asia Selatan yang memiliki budaya serta alamnya yang eksotis.

Budaya dari negara dengan mayoritas pemeluk agama Hindu ini bahkan telah menyebar hingga ke seluruh pelosok dunia. Beberapa di antaranya yakni disalurkan melalui Bollywood yang berupa film, musik, hingga kuliner khasnya.

Tak heran, India pun menjadi impian dari banyak orang untuk berkunjung. Nah, di samping budayanya yang menarik, terdapat banyak tempat wisata di India yang juga tak kalah indah dengan destinasi mancanegara lainnya.

India yang kental dengan sejarah pada masa lampau pun akhirnya membuat negara beribukota New Delhi ini memiliki banyak bangunan menarik untuk dikunjungi. Selain bangunan, banyak pula tempat wisata di India berupa pemandangan alam yang memanjakan mata.

Penasaran dengan rekomendasi tempat wisata di India yang menarik dan penuh sejarah tersebut? Melansir dari berbagai sumber, berikut ulasan selengkapnya untuk Anda.

1. Benteng Amber

Rekomendasi tempat wisata di India yang pertama adalah Benteng Amber. Bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan wisata sejarah, tempat wisata yang satu ini wajib menjadi urutan utama di dalam daftar Anda.

Benteng bersejarah yang satu ini tepatnya berada di kawasan kota Amer, daerah yang cukup strategis bagi para wisatawan. Saat memasuki kawasan Benteng Amber, Anda akan disajikan dengan suasana India pada zaman kerajaan di masa lampau.

Hal tersebut lantaran Benteng Amber memiliki istana dengan gaya arsitektur yang unik dan menarik. Jika berkunjung ke tempat wisata di India yang satu ini, jangan lupa untuk senantiasa mengabadikan momen dengan berfoto sepuasnya.

2. Benteng Mehrangarh

Selain Benteng Amber, tempat wisata di India selanjutnya yang wajib dikunjungi ialah Benteng Mehrangarh. Berbeda dengan Benteng Amber, Benteng Mehrangarh tepatnya dapat Anda kunjungi di kawasan Jodhpur.

Bagi Anda penikmat pemandangan alam, tempat wisata di India yang satu ini juga dapat menjadi pilihan yang tepat. Sebab, Benteng Mehrangarh tersebut terletak di ketinggian 400 mdpl.

Saat berkunjung, Anda senantiasa juga dapat menikmati pemandangan kota dari atas. Mirip dengan Benteng Amber, Benteng Mehrangarh juga memiliki sebuah istana dengan halaman yang luas dengan tembok-tembok berukiran indah.

3. Taj Mahal

Tempat wisata di India yang paling terkenal dan tak bisa dilewatkan ialah Taj Mahal. Bagi Anda yang ingin berwisata sejarah dan arsitektur, destinasi wisata yang ketiga ini dapat menjadi solusi tepat.

Taj Mahal merupakan bangunan yang bernilai sejarah tinggi. Pada masa pembangunannya, Taj Mahal dikisahkan membutuhkan hingga lebih dari 20 ribu pekerja selama 22 tahun.

Tak lain, Taj Mahal merupakan persembahan indah dan agung dari seorang Kaisar bernama Shah Jagan kepada sang istri tercinta. Jika Anda berkunjung ke lokasi yang satu ini, dapat dipastikan Anda akan terkesan dengan keindahan bangunannya yang begitu megah dan bernilai seni tinggi.

4. Golden City

Tempat wisata di India yang keempat ialah Golden City. Seperti halnya sebutan lokasinya, Golden City merupakan kawasan kota dengan sebagian besar bangunannya yang menggunakan pasir kuning.

Bagi Anda yang ingin merasakan suasana India yang seutuhnya, tempat wisata yang satu ini bisa dikunjungi. Sebab, akan ada berbagai rumah-rumah tua yang memiliki bangunan estetik dan seni.

Bahkan, di beberapa sudut nampak dekorasi marmer halus serta batu pasir gambar yang membuat kawasan kota menjadi kian eksotis. Para pengunjung pun dapat dengan leluasa mengambil gambar sebagai kenang-kenangan.

5. Harmandir Shabib

Harmandir Shabib merupakan tempat wisata di India yang jarang diketahui para pengunjung. Pada dasarnya, Harmandir Shabib ini merupakan sebuah kawasan tempat kuil suci yang seringkali dikunjungi para pemeluk agama Sikh untuk beribadah.

Menurut sejarah, Harmandir Shabib merupakan bangunan yang berdiri sejak abad ke 16. Pendirinya pun disebut merupakan guru kelima yang mengabdikan diri di kawasan Harmandir Shabib.

Di tempat ini, Anda dapat menyaksikan keindahan kuilnya yang berwarna emas. Berkat warnanya yang menarik, kawasan ini pun seringkali disebut dengan The Golden Temple.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Tempat Wisata di Chiang Mai Thailand, Family Friendly Banget!

6. Tungnath Temple

Selain itu, tempat wisata di India yang keenam yakni Tungnath Temple. Tepatnya, destinasi wisata yang indah ini berlokasi di Uttarakhand, distrik Rudraprayag.

Salah satu hal yang menarik dari tempat wisata di India ini yakni ketinggiannya. Tungnath Temple diklaim berdiri di atas ketinggian 3600 m.

Hal ini membuat Tungnath Temple menjadi candi agama Hindu yang tertinggi di dunia. Bagi Anda para penikmat pemandangan alam dan bangunan, lokasi yang satu ini dapat dicoba untuk dikunjungi bersama orang-orang terdekat.

7. Karni Mata Temple

Tempat wisata di India yang ketujuh ialah Karni Mata Temple. Destinasi wisata yang satu ini tak lain merupakan sebuah kuil suci dengan pemandangan alam luar biasa.

Tepatnya, Karni Mata Temple tersebut terletak di Deshnoke yang berjarak sekitar 30 km dari kawasan Bikaner. Salah satu hal yang unik di tempat ini yakni munculnya banyak tikus yang dianggap suci oleh masyarakat setempat.

Jangan salah, para pengunjung yang menginjak atau menyakiti tikus-tikus di Karni Mata Temple dapat dianggap menghina. Sehingga, para pengunjung bakal dikenai denda serta peringatan dari masyarakat setempat.

8. Goa Anjata

Tempat wisata di India yang unik berikutnya yakni Goa Anjata. Keunikan dari Goa Anjata tersebut yaitu keberadaannya yang diklaim telah ada sejak abad kedua sebelum Masehi.

Anda dapat mengunjunginya di kawasan Maharashtra. Saat memasuki Goa Anjata, Anda akan disuguhkan dengan banyak lukisan hingga patung yang ada di dalamnya.

Hal tersebut diklaim sebagai simbol religius dari umat Buddha di masa lampau. Jangan salah, kawasan ini pun telah mendapatkan label sebagai situs warisan dunia dari UNESCO.

9. Kepulauan Andaman dan Nikobar

Nah, bagi Anda yang hendak berwisata alam, tempat yang satu ini wajib untuk dikunjungi. Tempat wisata di India tersebut yakni bernama Kepulauan Andaman dan Nikobar.

Kepulauan Andaman dan Nikobar merupakan kawasan pantai dengan gugusan pulau yang indah dan eksotis. Bahkan, di sana Anda dapat menemui berbagai varietas tanaman hingga lebih dari 2 ribu jenis.

Lagi-lagi, destinasi wisata yang satu ini pun juga masih memiliki nilai sejarah tinggi. Di kawasan ini, Anda dapat menyaksikan beberapa situs peninggalan semasa Perang Dunia kedua serta para koloni Inggris di masa lampau.

10. Ladakh

Tempat wisata di India yang terakhir yakni Ladakh. Ladakh merupakan kawasan perbukitan yang termasuk ke dalam deretan pegunungan Himalaya.

Ladakh memiliki pemandangan pegunungan berwarna cokelat yang menghampar luas. Sementara itu, terdapat aliran sungai jernih pula yang melintas di antara pegunungan.

Jika Anda hendak berwisata alam di India, Ladakh dapat menjadi piihan yang tepat. Anda pun dapat mengabadikan momen sepuasnya di kawasan yang satu ini.

error: Content is protected !!