Wisata Budaya Jogja yang Terkenal dan Wajib Dikunjungi

Daerah Istimewa Jogjakarta adalah tidak benar satu provinsi di Indonesia yang kekayaan wisata budayanya tak mesti dipertanyakan lagi. Di mana saja lokasi tempat wisata budaya Jogja yang kondang dan mesti dikunjungi?

Keraton Pusat Jogjakarta adalah yang paling terkenal. Sejarah mencatat, Keraton Pusat sebagai daerah wisata budaya Jogja yang terkenal, kuat jadi bukti era kejayaan simbol kejayaan Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat hingga waktu ini. Tak hanya keraton, tempat wisata budaya Jogja yang kondang tetap ada banyak sekali. Mulai dari tempat-tempat yang jadi jejak kemegahan kerajaan, seperti Taman Sari hingga Situs Warung Boto. Kemudian daerah wisata budaya Jogja yang kondang dan mesti dikunjungi adalah situs-situs candinya.

Candi di Jogjakarta mesti dikunjungi sebab ini bukti masuknya agama Hindu dan Budha di Indonesia. Berikut ulasan lebih mendalam lima belas daerah wisata budaya Jogja yang terkenal.

Wisata Budaya Jogja yang Terkenal

1. Taman Sari

Taman Sari adalah wisata budaya Jogja yang terkenal. Tempat wisata budaya Jogja yang kondang ini dibangun oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I sebagai daerah peristirahatan para istri dan selir raja. Cocok untuk menyaksikan kemegahan kerajaan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Kebun istana kraton Ngayogyokarto yang jadi wisata budaya Jogja yang kondang ini, punyai luas lebih dari 10 hektare dengan 50-an bangunan. Mulai dari kolam pemandian, jembatan gantung, kanal air, danau buatan beserta pulau buatan dan lorong bawah air.

2. Keraton

Keraton pusat adalah wisata budaya Jogja yang terkenal. Ini istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Kompleks bangunan keraton yang jadi daerah wisata budaya Jogja yang kondang ini, tetap berfaedah sebagai daerah tinggal sultan dan rumah tangga istananya yang tetap mobilisasi tradisi kesultanan.

Tempat wisata budaya Jogja yang kondang seperti Keraton Pusat ini jadi simbol kejayaan Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat hingga waktu ini. Keraton Yogyakarta bisa disambangi setiap hari terasa pukul 09.00 – 14.00 WIB. Tiap Jumat jam kunjung hanya hingga pukul 11.00 WIB.

3. Goa Slarong

Goa slarong adalah wisata budaya Jogja yang terkenal. Lokasi daerah wisata budaya Jogja yang kondang ini, berada di Dusun Kembang Putihan, Gowasari, Pajangan, Bantul. Lokasi daerah wisata budaya Jogja yang kondang ini sarat nilai historis sebab bagian dari kisah perjuangan Pangeran Diponegoro semasa Pemerintahan Belanda di Indonesia.

Goa yang jadi daerah wisata budaya Jogja yang kondang ini, dulunya daerah untuk menyusun kiat dan markas perang gerilya. Goa Selarong berada didalam deretan pegunungan kapur setinggi tidak cukup lebih 35 mtr. dengan pepohonan rindang dan hijau di kanan dan kirinya.

4. Museum Batik

Museum batik adalah wisata budaya Jogja yang kondang dan mesti dikunjungi. Batik adalah kekayaan budaya (berupa benda) yang paling khas di Jogjakarta. Sejarah mencatat, daerah wisata budaya Jogja yang kondang ini, berdiri sejak th. 1977.

Tempat wisata budaya Jogja yang kondang ini menyimpan banyak ragam kain batik khas Jogjakarta maupun daerah lain di Indonesia. Termasuk pula peralatan membatik dan sulaman. Ada pula wisata edukasi pembuatan batik di wisata budaya Jogja yang kondang ini.

Baca juga:

Destinasi Wisata di Laos yang Wajib Dikunjungi, Eksotis!

Wisata Jepang yang Berikan Momen Indah Tak Terlupakan!

5. Museum Affandi

Museum affandi adalah wisata budaya Jogja yang terkenal. Ini daerah tinggal sekaligus studio lukis punya Affandi, pelukis kondang yang namanya tersohor di Indonesia. Di daerah wisata budaya Jogja yang kondang ini penuh dengan karya seni punya Affandi. Selain itu, daerah wisata budaya Jogja yang kondang ini, termasuk menyimpan lukisan karya Sudjojono, Hendra Gunawan, Barli, Muchtar Apin, dan juga Popo Iskandar.

6. Situs Warungboto

Situs Warungboto adalah wisata budaya Jogja yang kondang dan mesti dikunjungi. Sekilas, daerah wisata budaya Jogja yang kondang Situs Warungboto sebagai pesanggrahan Rejowinangun ini sama dengan Taman Sari.

Sejarah mencatat, daerah wisata budaya Jogja yang kondang ini awalnya lokasi pesanggrahan dan pemandian raja yang dibangun pada era HB II. Tempat wisata budaya Jogja yang kondang ini punyai banyak ruang, terasa dari ruang utama hingga pendukung. area utama ada di bagian utama pesanggrahan, meliputi ruang pengimaman dan kolam.

7. Museum Ullen Sentalu

Museum ullen sentalu adalah wisata budaya Jogja yang terkenal. Lokasi daerah wisata budaya Jogja yang kondang ini berada di lereng Merapi tidak cukup lebih 50 menit dari kota Jogja. Di daerah wisata budaya Jogja yang kondang ini, tersimpan berbagai koleksi peninggalan Kerajaan Mataram. Arsitektur bangunan indah menyatu dengan alam di sekelilingnya.

8. Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg adalah wisata budaya Jogja yang terkenal. Benteng Vredeburg sebagai daerah wisata budaya Jogja yang kondang ini berwujud beteng peninggalan Belanda yang dibangun untuk memudahkan didalam mengontrol segala pertumbuhan yang berlangsung di didalam Kraton Jogjakarta. Tertarik datang ke daerah wisata budaya Jogja yang kondang ini?

9. Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko adalah wisata budaya Jogja yang kondang dan mesti dikunjungi. Candi Ratu Boko dikenal sebagai web purbakala berwujud pemukiman. Ratu Boko diperkirakan udah dipergunakan orang pada abad ke-8 pada era Wangsa Sailendra.

Situs Ratu Boko yang jadi daerah wisata budaya Jogja yang kondang ini, jadi kompleks profan, lengkap dengan gerbang masuk, pendopo, daerah tinggal, kolam pemandian, hingga pagar pelindung. Tertarik datang ke daerah wisata budaya Jogja yang kondang ini?

10. Candi Prambanan

Candi Prambanan adalah wisata budaya Jogja yang terkenal. Lokasi daerah wisata budaya Jogja yang kondang ini berada di perbatasan Kabupaten Sleman dan Kabupaten Klaten.

Pintu masuk kompleks wisata budaya Jogja yang kondang candi Prambanan terletak di lokasi administrasi desa Tlogo, Prambanan, Klaten. Candi Prambanan sebagai daerah wisata budaya Jogja yang kondang ini, candi Hindu terbesar di Indonesia dan masuk didalam Situs Warisan Dunia UNESCO.

11. Museum Sonobudoyo

Museum Sonobudoyo adalah wisata budaya Jogja yang kondang dan mesti dikunjungi. Lokasi daerah wisata budaya Jogja yang kondang ini, berada di nol kilometer Jogjakarta atau di Jalan Pangurakan Nomor 6, Ngupasan, Gondomanan.

Di daerah wisata budaya Jogja yang kondang ini, punyai koleksi kebudayaan Jawa terlengkap sehabis Museum Nasional Indonesia yang ada di Jakarta. Ada lebih dari 40 ribu benda bersejarah dan penting. Mulai dari kategori filologi, seni rupa, arkeologi, hingga historika.

12. Candi Sambisari

Candi Sambisari adalah wisata budaya Jogja yang terkenal. Tempat wisata budaya Jogja yang kondang ini berwujud candi bercorak Hindu yang berlokasi di Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Candi ini diperkirakan dibangun pada dekade awal abad ke-9. Tertarik datang ke daerah wisata budaya Jogja yang kondang ini?

13. Candi Morang

Candi morang adalah wisata budaya Jogja yang kondang dan mesti dikunjungi. Lokasi daerah wisata budaya Jogja yang kondang ini berada di Dusun Morangan, Sindumartani, Ngemplak, Sleman, DIY.

Tempat wisata budaya Jogja yang kondang berwujud candi ini, bercorak agama Hindu yang berada tak jauh dari Kali Gendol Merapi. Sejarah memperkirakan wisata budaya Jogja yang kondang ini dibangun pada abad ke-9 atau ke-10 Masehi pada era Kerajaan Mataram kuno.

14. Candi Kalasan

Candi Kalasan adalah wisata budaya Jogja yang terkenal. Sejarah memperkirakan daerah wisata budaya Jogja yang kondang ini udah dibangun pada abad ke-8 Masehi atas perintah Rakai Panangkaran untuk menghormati Bodhisatya Wanita atau Dewi Tara dan para pendeta Budha.

Candi Kalasan sebagai daerah wisata budaya Jogja yang terkenal, bercorak Budha yang bisa dibuktikan dari keberadaan stupa pada bagian atap candi dan diklaim sebagai candi Budha tertua di Jogjakarta. Di daerah wisata budaya Jogja yang kondang ini, pengunjung bisa menyaksikan tidak cukup lebih terdapat 52 stupa.

15. Candi Barong

Candi barong adalah wisata budaya Jogja yang kondang dan mesti dikunjungi. Sejarah mencatat pada awal ditemukan, wisata budaya Jogja yang kondang bercorak Hindu ini udah sangat hancur.

Kemudian oleh pihak yang berwenang, berhasil lakukan pemugaran yang memakan waktu tidak cukup lebih 5 th. dan selesai pada th. 1992. Lokasi daerah wisata budaya Jogja yang kondang ini, berada di Dusun Sambisari, Sambirejo, Prambanan, Sleman, Jogjakarta.

error: Content is protected !!